UJI KOMPARASI KETAHANAN AUS PADA SPROCKET GENUINE PART DENGAN BUATAN LOKAL PADA SEPEDA MOTOR

dennyprumanto, dennyprumanto@unkris.ac.id UJI KOMPARASI KETAHANAN AUS PADA SPROCKET GENUINE PART DENGAN BUATAN LOKAL PADA SEPEDA MOTOR. Jakarta 17 Juli 2019.

[thumbnail of File221019124552221019124552050308037903.pdf] Text
File221019124552221019124552050308037903.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan industri dan teknologi semakin berkembang pesat, termasuk
industri logam.Kemajuan industri logam memiliki peranan yang penting terutama
dalam dunia otomotif yang banyak menggunakan material dari logam. Sprocket
merupakan komponen utama dalam sepeda motor, sebagai transfer gaya putar dari
mesin menuju ke roda, sehingga akan cepat aus karena akan terjadi gesekan antara
rantai dengan gear pada waktu mentransfer gaya putar dari mesin. Pada penelitian ini
sprocket mengalami proses carburizing (karbonisasi) yaitu proses memanaskan bahan
sampai diatas suhu kritis 900⁰C-950⁰C dengan penahanan selama 1 (satu) jam
kemudian didinginkan dengan media air. Carburizing bertujuan memberikan
kandungan karbon lebih banyak pada bagian permukaan dibanding dengan bagian inti
benda kerja, sehingga kekerasan permukaan diharapkan dapat meningkat. Hasil
pengujian kekerasan sprocket imitasi didapat nilai kekerasan rata-rata 219.23 VHN dan
sprocket genuine tanpa perlakuan panas yaitu sebesar 217.68VHN. Hal ini dikarenakan
pada sprocket imitasi terdapat kandungan kadar karbon dan silikon lebih besar setelah
dilakukan carburizing. Hasil pengujian struktur mikro pada sprocket imitasi, struktur
ferrit terbentuk dari proses pendinginan yang lambat dari austenit (baja hypoeutect)
dan mempunyai konduktivitas panas yang tinggi sehingga struktur ini bersifat lunak
serta ulet. Pada fasa struktur perlite terbentuk campuran antara ferit dan sementit.
Pada 0,8% karbon perlit yang tampak seperti pelat-pelat yang tersusun secara
bergantian oleh perpaduan struktur antara struktur ferrit dan sementit, serta fasa
struktur ini memiliki sifat ulet dan kekerasan yang cukup tinggi, kemudian sturktur
mikro sementit senyawa besi karbon (Fe3C) bersifat keras pada pendinginan lambat
bentuknya lamellar bersifat keras

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > S1 - Teknik Mesin
Depositing User: Denny Prumanto
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:59
Last Modified: 13 Mar 2023 03:59
URI: https://repository.unkris.ac.id/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item
View Item