UPAYA MENENTUKAN STRATEGI PERSAINGAN PASAR DENGAN PENDEKATAN SWOT PADA TOKO PERLENGKAPAN BAYI DI WILAYAH KOTA BEKASI

Syahrin, Alvi (2022) UPAYA MENENTUKAN STRATEGI PERSAINGAN PASAR DENGAN PENDEKATAN SWOT PADA TOKO PERLENGKAPAN BAYI DI WILAYAH KOTA BEKASI. Diploma/Sarjana thesis, Universitas Krisnadwipayana.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bekasi merupakan kota megapolitan yang menjadi pusat bisnis, pusat perdagangan, dan destinasi investasi property. Kota bekasi juga ramai dengan UKM dan bisnis ritel di berbagai bidang diantaranya kuliner, fashion, coffee shop, kebutuhan rumah tangga, kebutuhan bayi dan anak, dan masih banyak lagi. Bisnis perlengkapan bayi merupakan bisnis yang menguntungkan maka dari itu banyak para pelaku usaha yang berani untuk mendirikan usaha dengan bidang yang sama dengan jarak yang cukup dekat. Pada penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana SWOT yang dimiliki oleh 2 toko perlengkapan bayi yang berada di kota bekasi dan hasilnya akan digunakan sebagai penentu strategi untuk menghadapi persaingan pasar di bidang kebutuhan bayi dan anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di Toko Alladin Jatiasih dan Altcha Baby Shop. Analisa data dilakukan dengan menggunakan matriks IFAS, matriks EFAS, dan matriks SWOT.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa SWOT yang dimiliki oleh Toko Alladin Jatiasih dan Altcha Baby Shop memiliki perbedaan yang signifikan. Dan SWOT tersebut sangat berpengaruh terhadap omzet yang didapatkan. Dalam penjualan 1 tahun Toko Alladin Jatiasih mendapatkan omzet yang lebih unggul dari Altcha Baby Shop. Hal ini membuktikan bahwa terdapat faktor internal maupun faktor eksternal yang perlu diperbaiki dan dikembangkan oleh Altcha Baby Shop agar penjualannya dapat meningkat dan semakin banyak konsumen yang berbelanja di Altcha Baby Shop. Penelitian ini memberikan banyak strategi untuk menghadapi persaingan pasar terutama dalam aspek pemasaran, pembaharuan, promosi, pemanfaatan media sosial, teknologi, dan pelayanan. Dan diharapkan strategi yang telah direkomendasikan dapat bermanfaat bagi kemajuan dan kesuksesan Toko Alladin Jatiasih maupun Altcha Baby Shop.

Item Type: Thesis (Diploma/Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > S1 - Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: Dr. Uchaimid B. Robby S.Sos. M.Si
Date Deposited: 19 Dec 2023 16:42
Last Modified: 19 Dec 2023 16:42
URI: https://repository.unkris.ac.id/id/eprint/1852

Actions (login required)

View Item
View Item