Hidayah, Ulfatun (2022) TRANSFORMASI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SEKTOR EKONOMI KREATIF USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BIDANG KULINER DI JAKARTA TIMUR TAHUN 2022. Diploma/Sarjana thesis, Universitas Krisnadwipayana.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan memberikan penjelasan pada fenomena yang terjadi di sektor ekonomi kreatif Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bidang Kuliner di Jakarta Timur berdasarkan data-data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang ditemukan dalam penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan platform digital sektor Ekonomi Kreatif UMKM Bidang Kuliner di Jakarta Timur sebelum dan setelah pandemi covid-19, menganalisis strategi yang diterapkan UMKM Bidang Kuliner dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi covid-19 dan meninjau peran-peran stakeholders (Sudin PPKUKM Kota Adminitrasi Jakarta Timur, Swasta, Akademisi, Non Government Organization/NGO, Media Massa) pada UMKM Bidang Kuliner di masa pandemi covid-19. Untuk menganalisis Transformasi Digital Di Masa Pandemi Pada Sektor Ekonomi Kreatif UMKM Bidang Kuliner di Jakarta Timur digunakan pendekatan yang multidimensi seperti Konsep Transformasi Digital, Teori Manajemen Strategi serta Pendekatan Penta Helix.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Transformasi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif UMKM Bidang Kuliner di Jakarta Timur secara mayoritas sudah diterapkan, tetapi masih terdapat UMKM yang tidak memaksimalkan penggunaan platform digital. Merujuk pada kebijakan pembatasan-sosial ekonomi yang diterapkan di Indonesia yang berdampak pada perubahan pola kebiasaan masyarakat, maka pemanfaatan platform digital sangat direkomendasikan bagi UMKM Bidang Kuliner agar tetap dapat bertahan di masa pandemi covid-19. Adapun strategi yang diterapkan oleh tiap-tiap UMKM Bidang Kuliner di Jakarta Timur berbeda-beda. Namun Penulis mengidentifikasi strategi yang digunakan berdasarkan pendapat Pearce & Robinson (1997) yaitu Strategi Insentif dan Strategi Inovasi. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan peran elemen Penta Helix yang tidak maksimal dalam mendukung UMKM Bidang Kuliner di masa pandemi covid-19.
Item Type: | Thesis (Diploma/Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > S1 - Ilmu Administrasi Politik |
Depositing User: | Dr. Uchaimid B. Robby S.Sos. M.Si |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 16:41 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 16:41 |
URI: | https://repository.unkris.ac.id/id/eprint/1847 |