Rizqi, Annisa (2022) PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN DUKUH KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR TAHUN 2021. Diploma/Sarjana thesis, UNIVERSITAS KRISNADWIPAYANA.
Full text not available from this repository.Abstract
Media sosial hadir sebagai alat komunikasi dan berbagai sarana untuk melakukan berbagai kegiatan agar menjadi mudah. Kelurahan Dukuh di Kota Administrasi Jakarta Timur sebagai salah satu ujung tombak pelayanan publik juga harus bisa memanfaatkan media sosial dalam menjalankan kegiatan pelayanannya kepada masyarakat. Penggunaan media sosial di Kelurahan Dukuh dapat memudahkan kegiatan pelayanan kepada masyarakat karena layanan yang diberikan tidak memerlukan kehadiran fisik dari pengguna layanan, akan tetapi lebih kepada kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan sesuai dengan jenis pelayanannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemanfaatan media sosial dalam pelayanan publik pada Kantor Kelurahan Dukuh Kota Administrasi Jakarta Timur.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Informan yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah Sekretaris Kelurahan Dukuh, Staf Sekretaris Kelurahan Dukuh dan masyarakat pengguna layanan, yang dipilih sebagai informan berdasarkan alasan-alasan tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Sedangkan teknik analisis data meliputi kegiatan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media sosial dalam pelayanan publik sangat bermanfaat bagi masyarakat di wilayah Kelurahan Dukuh Kota Administrasi Jakarta Timur. Selain untuk mengetahui berbagai informasi pelayanan publik yang ada di kelurahan, media sosial juga digunakan sebagai sarana sosialisasi kegiatan yang sangat penting, seperti program vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat dalam mendukung program pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Hambatan pemanfaatan media sosial dalam pelayanan publik, antara lain koneksi internet terkadang tidak lancar, masih ada pegawai yang tidak menguasai teknologi informasi, masih adanya sikap apatis masyarakat dalam penggunaan media sosial, kurangnya kegiatan sosialisasi dan edukasi serta jarangnya postingan info terbaru tentang kegiatan pelayanan di Kelurahan Dukuh. Sementara itu upaya untuk memaksimalkan media sosial dalam pelayanan publik pada Kantor Kelurahan Dukuh Kota Administrasi Jakarta Timur, dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kompetensi pegawai kelurahan dalam mengantisipasi perubahan di era digital dan perlunya meningkatkan sarana dan prasarana pendukung sistem informasi publik guna pelayanan yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma/Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > S1 - Ilmu Administrasi Politik |
Depositing User: | Dr. Uchaimid B. Robby S.Sos. M.Si |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 02:49 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 02:49 |
URI: | https://repository.unkris.ac.id/id/eprint/1828 |