ANALISIS KETAHANAN UMUR V-BELT KENDARAAN BUS KAPASITAS MESIN 7684 CC REAR ENGINE

dennyprumanto, [email protected] ANALISIS KETAHANAN UMUR V-BELT KENDARAAN BUS KAPASITAS MESIN 7684 CC REAR ENGINE. ISSN 1829 - 7552.

[thumbnail of JURNAL KALPIKA  VOL 19, NO. 1 MARET  2022 Pak Denny.pdf] Text
JURNAL KALPIKA VOL 19, NO. 1 MARET 2022 Pak Denny.pdf

Download (1MB)

Abstract

Analisa ketahanan umur v-belt kendaraan bus kapasitas 7684 cc Rear Engine. v-belt yang
digunakan adalah jenis COG dengan tipe C ( 22 x 14 ). Ada beberapa faktor yang mempengaruhi
umur v-belt yaitu, kelurusan v-belt dengan puli, panas yang diterima oleh v-belt dengan standar –
30 °C / + 90 °C, kekencangan atau kelenturan pada v-belt, jarak tempuh dan waktu yang dilalui
oleh kendaraan, keausan puli dan keausan v-belt.menguji kekerasan bahan material karet dan
ketahanan panas pada v-belt dengan menggunakan alat ukur termometer inframerah dan
menentukan kondisi fisik v-belt dengan pengujian bahan material karet menggunaka alat ukur
shore durometer D dan dilakukan berdasarkan jarak tempuh 50.000 kilometer (Low) didapat hasil
dari rata-rata pengujian kekerasan karet v-belt 57,5 shore durometer D, dari hasil rata-rata
pengujian kekerasan karet v-belt pada jarak tempuh 100.000 kilometer (Medium) didapat hasil
60,7 shore durometer D. Pada rata-rata 140.000 kilometer (High) mengalami kenaikan dari standar
55 Shore durometer D naik menjadi 62,5 Shore durometer D dan kondisi fisik v-belt mengalami
keausan dan retak pada bagian bawah v-belt. Pada v-belt mengalami keausan pada lebar bawah v�belt pada jarak 50.000 kilometer, 100.000 kilometer dan 140.000 kilometer. Pada lebar bagian atas
v-belt mengalami keausan di jarak tempuh 140.000 kilometer. Sehingga untuk mencegah putusnya
v-belt saat kendaraan beroperasi pada jarak tempuh 140.000 kilometer v-belt harus diganti. Jika v�belt mengalami putus pada saat mesin beroperasi akan mengakibatkan gangguan yang sangat
bahaya pada sistem pendingin mesin bus. Dengan semua faktor yang ada didapat hasil umur v-belt
dengan kondisi unit keadaan normal atau SOP dan kendaraan beroperasi normal adalah 4 bulan 5
hari 9,6 jam.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 - Teknik Mesin
Depositing User: Denny Prumanto
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:21
Last Modified: 09 Mar 2023 04:21
URI: https://repository.unkris.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item
View Item