ANALISA INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN CAKUNG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR TAHUN 2020

Rosiana, Rosiana (2021) ANALISA INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN CAKUNG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR TAHUN 2020. Diploma/Sarjana thesis, UNIVERSITAS KRISNADWIPAYANA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masyarakat membutuhkan pelayanan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi sendiri. Pemerintah mempunyai peranan penting untuk menyediakan layanan publik sesuai yang telah diamanatkan dalam undang-undang. Rendahnya mutu pelayanan publik yang diberikan oleh aparatur pemerintah menjadi citra buruk pemerintah di tengah masyarakat. Sebagian masyarakat yang pernah berurusan dengan birokrasi selalu mengeluh dan kecewa terhadap layanan yang diberikan. Ada sebagian masyarakat sampai saat ini masih menganggap rendah terhadap kinerja birokrasi.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Informan yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah Camat Cakung beserta staf pegawainya yang dipilih sebagai informan berdasarkan alasan-alasan tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Sedangkan teknik analisis data meliputi kegiatan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Kinerja pelayanan publik di Kantor Kecamatan Cakung Kota Administrasi Jakarta Timur sudah cukup baik, namun masih perlu ditingkatkan lagi melalui perubahan sikap dan perilaku aparatur dalam setiap kegiatan pelayanan publik. (2) Tingkat kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Cakung Kota Administrasi Jakarta Timur, sudah cukup memuaskan. Namun kualitas pelayanan harus terus ditingkatkan karena kebutuhan masyarakat semakin beragam. Selain itu perlu konsistensi dalam mempertahankan kualitas sarana prasarana dan prosedur, sistem dan mekanisme pelayanan publik. Adapun hasil penilaian pelayanan publik di Kantor Kecamatan Cakung Kota Administrasi Jakarta Timur berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat, sudah cukup memuaskan. Namun harus ada peningkatan dari setiap unsur pelayanan, agar dapat lebih baik lagi. Terutama bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Item Type: Thesis (Diploma/Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > S1 - Ilmu Administrasi Politik
Depositing User: Dr. Uchaimid B. Robby S.Sos. M.Si
Date Deposited: 05 Dec 2023 07:50
Last Modified: 05 Dec 2023 07:50
URI: https://repository.unkris.ac.id/id/eprint/1826

Actions (login required)

View Item
View Item